Cara Membeli Tiket KRL Yogyakarta Solo

Cara Membeli Tiket KRL Yogyakarta Solo | Transportasi Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL) kini menjadi opsi populer bagi masyarakat yang berencana bepergian dari

Admin

Cara Membeli Tiket KRL Yogyakarta Solo
Cara Membeli Tiket KRL Yogyakarta Solo

Cara Membeli Tiket KRL Yogyakarta Solo | Transportasi Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL) kini menjadi opsi populer bagi masyarakat yang berencana bepergian dari Jogja ke Solo atau sebaliknya. Namun, perlu diperhatikan bahwa terdapat perbedaan dalam tata cara naik KRL dibandingkan dengan Kereta Api konvensional.

KRL Jogja-Solo, memberikan kemudahan dengan 11 titik pemberhentian, mencakup stasiun-stasiun utama seperti Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, hingga Solo Balapan.

KRL Yogyakarta-Solo

Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 1 Maret 2021, KRL Yogyakarta-Solo menjadi jawaban atas kebutuhan mobilitas yang efektif dan ekonomis di antara kedua kota ini. Salah satu kelebihan yang mencolok dari KRL ini adalah harga tiketnya yang sangat terjangkau. Penumpang hanya perlu membayar Rp 8.000 untuk satu perjalanan, menjadikannya pilihan yang sangat ekonomis.

Keberadaan KRL Yogyakarta-Solo memberikan solusi bagi masyarakat dan wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan kota Yogyakarta dan Solo tanpa harus menghadapi hambatan biaya yang tinggi. Selain dari aspek ekonomis, KRL juga mempersingkat waktu tempuh antara dua destinasi ini, memberikan kenyamanan dan efisiensi dalam perjalanan.

Cara Membeli Tiket KRL Yogyakarta Solo

Bagi calon penumpang yang ingin menikmati fasilitas KRL Yogyakarta-Solo, ada beberapa cara untuk membeli tiket. Salah satu cara yang populer adalah dengan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) atau kartu bank, seperti E-Money Mandiri, Flazz BCA, Tap Cash BNI, dan Brizzi BRI

Leza Arlan, Manager External Relations & Corporate Image Care PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), menjelaskan bahwa pembelian tiket juga dapat dilakukan melalui kartu bank dan e-money tersebut.

Bagi calon penumpang yang belum berpengalaman menggunakan layanan KRL Jogja-Solo, berikut adalah panduan lengkapnya:

1. Pilihan Pembayaran

Calon penumpang dapat memilih dua opsi pembayaran utama, yaitu menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) atau kartu uang elektronik (e-money) dari berbagai bank. Kartu Multi Trip dapat diperoleh di stasiun-stasiun yang melayani KRL dengan harga Rp 30 ribu, yang sudah termasuk saldo awal sebesar Rp 10 ribu. Saldo minimum yang harus ada di dalam KMT adalah Rp 5 ribu.

2. Isi Saldo

Isi ulang saldo KMT dapat dilakukan di loket stasiun, vending machine, atau channel top up lainnya yang bekerja sama dengan PT Kereta Commuter Indonesia. Minimal pengisian ulang saldo adalah Rp 10.000.

3. Alternatif E-Wallet

Selain menggunakan kartu, calon penumpang juga dapat membeli tiket KRL Jogja-Solo menggunakan e-wallet, seperti Gopay.

Baca Juga: Cara Mendaftar Program Afiliasi TikTok

Tata Cara Naik KRL Jogja-Solo

  1. Cek Jadwal Keberangkatan Calon penumpang perlu mengecek jadwal keberangkatan KRL melalui aplikasi KRL Access atau C-Access. Setelah menemukan jadwal yang sesuai, calon penumpang dapat menuju stasiun.
  2. Persiapkan KMT atau E-Wallet Siapkan kartu atau aplikasi untuk pembayaran. Pastikan saldo uang elektronik atau KMT mencukupi dengan mengeceknya di mesin pengecek saldo di stasiun atau melalui smartphone yang sudah memiliki fitur NFC.
  3. Pastikan Saldo Mencukupi Sebelum masuk ke dalam KRL, pastikan saldo mencukupi. Gunakan mesin pengecek saldo di stasiun atau CBR (Commuter Balance Reader) untuk memeriksa saldo yang tersedia di kartu.
  4. Masuk ke Peron dan Tunggu dengan Aman Setelah melewati gate masuk, menuju peron KRL, dan tunggu di garis aman sampai KRL tiba. Prioritaskan penumpang yang akan turun sebelum naik.
  5. Naik KRL Ketika KRL tiba dan pintu terbuka, masuk ke dalam dan duduk di kursi yang tersedia atau berdiri sesuai petunjuk yang ada. Selama perjalanan, taati aturan yang berlaku di dalam KRL.
  6. Tap Out di Stasiun Tujuan Setelah tiba di stasiun tujuan, keluar dari KRL, dan lakukan tap-out di gate keluar KRL.

Dengan memahami tata cara naik KRL Jogja-Solo dan harga tiket yang terjangkau, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan transportasi ini dengan lebih efektif. Selamat mencoba dan nikmati perjalanan Anda!

Kesimpulan

KRL Yogyakarta-Solo tidak hanya menjadi solusi transportasi terjangkau, tetapi juga memudahkan masyarakat dan wisatawan untuk menjelajahi keindahan Jogja dan Solo dengan lebih efisien. Dengan harga tiket yang terjangkau, pengguna dapat menikmati perjalanan yang nyaman tanpa harus khawatir akan biaya yang tinggi.

Melalui pedoman dan tips yang diberikan, diharapkan setiap penumpang dapat mengoptimalkan pengalaman perjalanan mereka dengan KRL Yogyakarta-Solo. Tetap terhubung dengan perkembangan layanan dan nikmati kepraktisan dalam menjelajahi keindahan dua kota menawan ini.

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer